Nama-nama dan Surat Al-Qur'an

Allah memberi nama kitabnya dengan Al-qur'an yang berarti "bacaan". Arti ini dapat kita lihat dalam surat 75 (Al-Qiyaamah); ayat 17 dan 18 sebagai mana tersebut diatas. nama ini dikuatkan oleh ayat-ayat yang terdapat dalam surat 17 (Al-Isra) ayat 88, Surat 2 (Al-Baqarah) ayat 85; surat 15 (Al-Hijr) ayat 87; surat 20 (Thaha) ayat 2; surat 27 (An-Naml) ayat 6, Surat 46 (Al-Ahqaf)ayat 29; Surat 56 (Al-Waqi'ah) ayat 77, Surat 59 (Al-Hasyr) ayat 21 dan surat 76 (Ad-dahr) ayat 23. menurut pengertian ayat-ayat diatas Al-Qur'an itu dipakai sebagai nama bagi kalam Allah yang diwahyukan Kepada Nabi Muhammad SAW.
Selain al-Qur'an, Allah juga memberi beberapa nama lain bagi kitabnya seperti:

1. Al-Kitaab atau Kitabullah; merupakan sinonim dari perkataan al-Qur'an sebagaimana tersebut dalam surat 2 (al-Baqarah) yang artinya :"Kitab ini (Al-Qur'an) tidak ada keraguan padanya...." Lihat pula surat Al-An'am ayat 114.
2. Al-Furqaan. Al-Furqan artinya pembeda, yaitu yang membedakan antara yang hak dan yang batil. sebagaimana tersebut dalam surat 25 (Al-Furqan) ayat 1 yang artinya "Maha Agung Allah yang telah menurunkan Al-Furqan kepada Hambanya, agar ia menjadi peringatan kepada seluruh alam"
3. Adz-Dzikr, artinya peringatan sebagaimana yang tersebut dalam surat Al-Hijr ayat 9 yang artinya "Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Adz-Dzikr dan sesungguhnya kamilah yang menjaganya. lihat juga surat An-Nahl ayat 44.

dari nama yang tiga tersebut diatas, yang paling masyhur dan Khas adalah "Al-Qur'an". selain itu Imam as-Suyuthi dalam kitabnya Al-Itqan menyebutkan nama-nama Al-Qur'an diantaranya Al Mubiin, Al Kariim, Al-Kalam, An Nuur.


Surat-Surat dalam Al-Qur'an
Jumlah surat yang teradapat dalam Al-Qur'an ada 114 surat, nama-namanya dan batas-batas tiap surat dan susunan ayat-ayatnya adalah menurut ketentuan dan ketetapan yang diajarkan oleh Rasulullah sendiri (Tauqifi). sebagian dari surat-surat Al-Qur'an mempunyai satu nama dan yang lain mempunyai lebih dari satu nama.

Surat-surat yang ada dalam Al-Qur'an ditinjau dari segi panjang dan pendeknya terbagi atas 4 bagian

1. Assab'utthiwall, yaitu 7 surat yang panjang terdiri dari Surat Al-baqarah, Ali Imran, An-Nisa, Al-A'raf, Al-an'am, Al Maaidah dan Yunus.
2. Al Miuun, dimaksudkan adalah surat-surat yang berisikira-kira seratus ayat lebih seperti: Surat Hud, Yusuf, Mu'min, dsb
3. Al-Matsaani, dimaksudkan surat-surat yang berisi kurang sedikit dari seratus ayat seperti surat al-Anfaal, Al-Hijr, dsb.
4. AlMufashshal yaitu surat-surat pendek seperti Ad-Dhuha, Al-falaq, Annad, dsb.


EmoticonEmoticon