Pembagian dalam Al-Qur'an

Sejak zaman sahabat telah ada pembagian alquran menjadi:1/2,1/3,1/5,1/7,1/9 dan sebagainya. Pembagian tersebut hanya sekedar untuk hafalan dan amalan dalam tiap-tiap sehari semalam atau didalam sholat. Barulah pada masa Al-Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi diadakan penulisan didalam atau di pinggir alQuran dan ditambah dengan istilah-istilah baru.

Salah satu pembagian itu adalah quran dibagi menjadi 30 Juz, 114 Surat dan 60 Hizb. tiap-tiap satu surat ditulis namanya dan ayat-ayatnya dan tiap-tiap Hizb ditulis sebelah pinggirnya dan menerangkan Hizb pertama, kedua dan seterusnya. Tiap tiap Hizb dibagi 4.

Pembagian cara inilah yang dipakai oleh ahli-ahli Qiraat mesir dan atas dasar itu pulalah percetakan Amiriyah milik pemerintah Mesir mencetak Al-Qur'an semenjak tahun 1337 H sampai sekarang dibawah pengawasan guru besar al-Azhar.

AL Quran terdiri dari 114 Surat, dibagi menjadi 30 Juz terdiri dari 554 ruku'. Surat yang panjang terdiri dari beberapa Ruku' tiap satu ruku' diberi tanda huruf 'ain dipinggirnya. alQuran yang beredar di Indonesia dibagi menurut pembagian tersebut seperti cetakan Cirebon, Jepang, dll. adapun pertengahan alQuran terdapat pada surat 118 (Al-Kahfi) ayat 19 pada kata Walyatalath thof


EmoticonEmoticon