Memahami al-Qur'an; Kitab Revolusi Islam !


Dari berbagai literatur yang membahas tentang cara memahami ayat- ayat al-Qur'an, secara umum yang harus di pelajari adalah:

  1. Mengetahui dan memahami bahasa dan tata bahasa Arab
  2. Mengetahui dan memahami sejarah turunnya ayat dan atau surat al-Qur'an
  3. Mengetahui dan memahami penafsiran para sahabat Muhammad Rasulullah SAW terhadap suatu ayat atau surat
Dengan memiliki pengetahuan dasar tersebut, hampir pasti, panduan hidup, tata kelola masyarakat, kedaulatan ideologi, mental revolusi, bagi siapapun yang memahami Qur'an akan mengakar dalam hati sanubari. jaminan kehidupan yang baik, keluarga sejahtera dan negara yang makmur akan tercapai dengan mutlak.

Beberapa ulama membentuk teori dan dasar dasar kaidah, agar umat Islam dapat mudah untuk memahami setiap ayat dan surat yang terdapat di dalam Qur'an. Berbagai metode dan pisau analisis produk Eropa Barat seperti Hermeneutik pun digunakan untuk memahami literasi Arab yang hari ini menghegemoni seluruh peradaban di Dunia.

al-Qur'an menciptakan kultur kasih sayang dan perlawanan. 
al-Qur'an membentuk idiologi radikal konseptual 
al-Qur'an memberikan literasi hegemoni ekonomi berbasis kepedulian sosial 

Di dunia ini, sejak 14 abad yang lalu, belum ada yang literatur yang serapih al-Qur'an dalam mempengarui sebuah peradaban dan budaya masyarakat sedemikian besar. banyak tokoh-tokoh kenamaan eropa barat seperti Maurice Bucaille, Roger Garaudy, Leopold Weis menyadari bahwa ajaran Rasulullah Muhammad SAW adalah ajaran yang lurus dan layak mereka ikuti.

Qur'an yang menjadi rujukan utama umat Islam diseluruh dunia, Kesempurnaannya tidak terbantahkan. Wallahu'alam bis shawaab.


EmoticonEmoticon