Qira'at Qur'an dan Para Ahlinya


Menurut istilah ilmiah, Qira'at adalah salah satu aliran pengucapan qur'an yang dipilih Oleh salah satu ima Qurra' sebagai suatu madzhab yang berbeda dengan madzhab lainnya. qira'at ini ditetapkan berdasarkan sanad-sanadnya sampai kepada Rasulullah. Periode qurra' (Imam Qira'at) yang mengajarkan bacaan al-Qur'an kepada orang-orang menurut cara mereka masing-masing adalah dengan berpedoman kepada masa sahabat. Diantara sahabat yang terkenal mengajarkan qira'at adalah Ubai, Ali, Zaid bin Tsabit, Ibn Mas'ud, Abu Musa al-Asy'ari. dari mereka itulah sebagian besar sahabt dan tabi'in di berbagai negeri belajar Qira'at. Mereka semua bersandar kepada Rasulullah.

Adz'-Dzahabi menyebutkan dalam Tabaqatul Qurra, bahwa sahabat yang terkenal sebagai guru dan ahli Qiraa'at ada tujuh orang, yaitu: Utsman, Ali, Ubai, Zaid bin Tsabit, Abu Darda' dan Abu Musa al-Asy'ari. Lebih lanjut ia menjelaskan, segolongan besar sahabat mempelajari qira'at dari ubai diantaranya: Abu Hurairah, Ibnu Abbas dan Abdullah bin Sa'ib. Ibn abbas belajar pula kepada Zaid. Kemudian kepada para sahabat itulah sejumlah besar tabi'in di setiap negeri mempelajari qira'at.

diantara para tabi'in tersebut ada yang tinggal di Madinah yaitu Ibnul Musayyab, 'Urwah, Salim, Umar bin Abdul Aziz, Sulaiman ibn Yasar, Ata' ibn Yasar, Muadz bin Harits, Abdurrahman bin Hurmuz, Ibn Syihab Az-Zuhri, Muslim bin Jundab dan Zaid bin Aslam.

Adapun yang tinggal di Mekah ialah, 'Ubaid bin Umar, Ata' bin Rabbah, Tawua, Mujahid, Ikrimah dan Ibn Abu Malikah.

Tabi'in yang tinggal di Kufah ialah A'qamah, Al-Aswad, Masruq, 'Ubaidah, 'Amr bin Syurahbil, al-Harits bin Qais, Amr bin Maimun, Abu Abdurrahman as-Sulami, Sa'id bin Jabir, an-Nakha'i dan asy-Sya'bi

Tabi'in yang tinggal di Basrah Ialah Abu Aliyah, Abu Raja', Nasr bin 'Asim, Yahya bin Ya'mar, al-Hasan, Ibn Siri dan Qatadah. sedang yang tinggal di Syam ialah Mughirah bin Abu Syihab al-Makhzumi - Murid Usman dan Khalifah bin Sa'd (Sahabat abu Darda')

Dari Generasi ini dan generasi sesudahnya terdapat tujuh orang terkenal sebagai imam yang dihubungkanlah kepada mereka qira'at hingga saat ini. Para ahli qira'at tersebut di Medinah ialah: Abu Ja'far YAzid Qa'qa, Nafi' bin Abdurrahman, Ahli Qira'at di Mekah ialah: Abdullah bin Kasir, Humaid bin Qais al-A'raj. Di Kufah: 'Asim bin Abun Najud, Sulaiman al-A'masy, Kemdudian Hamzah dan al-Kisa'i. di Basrah: Abdullah bin Abu Ishaq, Isa bin 'Amr, Abu 'Amr 'Ala', 'Asim al-Jahdari dan Ya'qub al-Hadrami. di Syam: Abdullah bin 'amir, Isma'il bin Abdullah bin Muhajir, Yahya bin Haris dan Syuraih bin Yazid al-Hadrami. diantara nama-nama tersebut diatas, yang paling terkenal diseluruh dunia adalah Abu 'Amr, Nafi', 'Asim, Hamzah, al-Kisa'i dan Ibn Kasir.


EmoticonEmoticon